Sunday 15 May 2016

Tutorial Decompile dan Recompile di Android ( dc rc )

tutorial cara Decompile Recompile langsung di smartphone android tanpa PC.

Sedikit penjelasan mengenai Decompile (DC) yaitu proses dimana file .apk atau .jar juga bisa, akan diuraikan isinya seperti halnya mengextract suatu file. Cuma bedanya disini, smali atau file xml hasil Decompile bisa terbaca oleh text editor dan kita bisa merubah isinya. Sedangkan Recompile (RC) itu sendiri proses penyatuan kembali hasil Decompile tadi menjadi .apk kalau file sebelumnya adalah app. Tutorial ini ditujukan untuk Android OS Jelly bean 4.1.x dan harus dalam keadaan root, yang bisa dilakukan dengan PC atau menggunakan aplikasi juga bisa seperti framaroot, keyroot master, dll.



Bahan yang diperlukan untuk Decompile dan Recompile di android :
1.  Apktool versi 4.1_armel dapatkan disini.
2. Framework-res.apk (ambil dari android sobat)
3. SystemUI.apk (contoh app yang akan di dc / rc)
4. Root Explorer sebagai file managernya disini.

ApkTool v5.2.0 untuk Lollipop dan Kitkat

Tutorial Decompile dan Recompile

Installasi Apktool:
1.Masuk ke Root Explorer (rootex) dan Extraxt Apktool.zip.
2. Pindahkan folder apktool hasil extract ke SD Card (internal) diluar folder. Install Apktool4.1.apk yang ada di folder apktool tadi.
3. Sekarang buka Root/system/framework/disini. Copas framework-res.apk kedalam folder apktool.
4. Buka aplikasi Apktool dan beri ijin superuser, cari framework-res.apk yang sudah di copas kedalam folder apktool tadi yaitu di sdcard/apktool/disini.
5. Tekan framework-res.apk dan akan muncul pilihan, anda harus memilih import as famework dan tunggu sampai proses selesai.
6. Jika sudah selesai berarti anda sudah sukses menyelesaikan installasi apktoolnya. Sekarang tinggal tahap Decompile dan Recompile aplikasinya.

Proses Decompile:
1. Masuk Root explorer kemudian ambil atau copas aplikasi yang akan di DC RC. Sebagai contoh saya memakai SystemUI.apk. Simpan di SD Card (internal), untuk yang ini boleh diletakkan dalam folder misalkan dalam folder Proyek.
2.Kemudian masuk ke aplikasi Apktool, alihkan ke sdcard/Proyek/disini. Tekan SystemUI.apk dan pilih decompile all.
3. Jika proses decompile sukses nanti akan muncul folder SystemUI_src (sesuai app yang di decompile).
4.Sekarang sobat bisa edit tuh hasil Decompilenya, mau ganti gambar png atau xml maupun smali terserah.

Proses Recompile:
1. Setelah proses Decompile sukses dan aplikasi selesai diedit, sekarang tinggal proses Recompile supaya menjadi aplikasi kembali. Caranya:
2. Masuk aplikasi Apktool tekan SystemUI_src tadi dan pilih recompile. Proses recompile sukses jika muncul app baru dengan nama SystemUI_src.apk (sesuai app).
3. Sebelum SystemUI dipindah ke tempat asalnya kita sign apknya dulu. Tekan SystemUI_src.apk lalu pilih sign apk dan nanti akan muncul SystemUI_src_sign.apk. Jangan lupa rename menjadi nama asalnya SystemUI.apk.
4. Copy atau pindahkan SystemUI.apk yang sudah di modif ke dalam Root/system/app/disini, tapi sebelumnya set dulu dari r/o menjadi r/w. Jika ada peringatan Overwrite pilih Yes untuk menimpa app dan set permissionnya jadi rw-r--r-- (0644) lalu Reboot.

No comments:

Post a Comment